Health & Lifestyle

Wow! Inilah 7 Fakta Terkini yang Jarang Diketahui Tentang Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia

“It is not what technology does to us, it is what we do to technology. Get smart with technology, choose wisely and use it in a way that benefits both you and those around you.”

Berbicara tentang perkembangan teknologi memang tidak ada habisnya. Saking cepatnya perubahan yang terjadi, rasanya baru kemarin kita mendengar cerita orang tua mengenai perkembangan alat komunikasi yang digunakan di zaman mereka dulu.

Dulu telepon yang mereka gunakan sebesar batu bata, sangat repot untuk bisa dibawa kemana-mana (era 1G). Kemudian muncullah handphone yang ukurannya lebih kecil dan praktis untuk dibawa namun layarnya hitam putih dan fungsinya terbatas hanya untuk telepon dan SMS (era 2G). Setelah itu masuklah smartphone dan tablet yang layarnya berwarna dan fungsinya lebih beraneka, yakni untuk texting dan browsing image dan data (era 3G). Dan saat ini, perkembangan teknologi informasi berupa video sudah menjadi konsumsi harian karena jaringan internet sudah mendukung (era 4G).

Perkembangan teknologi informasi memang sangat berkaitan erat dengan komunikasi. Di mana ada teknologi komunikasi yang maju, di situ juga terdapat peran teknologi informasi yang mendukung. Di Indonesia sendiri, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat terasa, sudah banyak cerita yang membanggakan dan ada pula yang miris.

Berikut ini ada 7 fakta yang jarang orang ketahui akibat perkembangan informasi yang sangat cepat di Indonesia. Selamat menyimak!

 

Tidak kalah dengan luar negeri, anak bangsa sudah mampu membuat drone sendiri dan juga menggunakannya untuk membuat peta citra satelit.

www-halo-robotics-com-baru-dari-solo-pemetaan-dengan-site-scan-dan-drone2map1
http://www.halo-robotics.com

Memang tidak banyak yang tahu, namun salah satu anak bangsa kita yang bernama Irendra Radjawali dengan modal Rp 15 juta, membuat drone atau pesawat tanpa awak untuk membantu memetakan tanah ulayat (tanah adat) penduduk di Kalimantan yang diambil perusahaan-perusahaan kelapa sawit.

Berkat keahliannya, masalah tersebut dapat terselesaikan dan Irendra diajak Balai Sabo (badan penelitian) Kementerian Pekerjaan Umum RI untuk mitigasi bencana longsor letusan gunung api dengan menggunakan drone. Proyek berskala nasional itu akan memonitor 129 gunung api di seluruh Indonesia.

www-herrytjiang-com-pemetaan-udara-2
http://www.herrytjiang.com

Penggunaan drone sendiri memang beragam, misalnya untuk keperluan photography, cinematography, dan pemetaan. Di Indonesia, untuk menerbangkan drone ada ketentuan hukum yang berlaku dan diperlukan surat izin agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu pilot drone yang tersertifikasi, Herry Tjiang, menggunakan drone untuk pemetaan. Hasil yang didapat tidak kalah dengan Google Maps, malah lebih detail karena informasi yang diinginkan dapat diatur dan ditemukan. Menurutnya, pemetaan ini sangat berguna untuk mengetahui luasan area yang dimiliki, analisis topografi, foto lokasi yang sulit dijangkau, dan memantau perkembangan konstruksi proyek.

Jadi, bayangkan saja apabila teknologi ini digunakan untuk membantu kemajuan pembangunan daerah. Walaupun pusat pemerintahan ada di Jakarta, tidak ada alasan untuk memantau pertumbuhan daerah dari Sabang sampai Merauke.

 

Perkembangan e-commerce melahirkan banyak anak bangsa yang kreatif hingga terkenal di luar negeri

www-fibre2fashion-com-e-tail-175463_190059
http://www.fibre2fashion.com

Kesuksesan Tokopedia, bukalapak.com, elevania, lazada, dan beberapa situs e-commerce besar di Indonesia tidak membuat anak muda bangsa berkecil hati untuk berjuang di sektor yang sama. Malah beberapa anak muda Indonesia tetap berani berinovasi dan bekerja keras, dan hasilnya mereka terdaftar dalam 30 Under 30 Asia 2015 di Majalah Forbes tahun 2015 berkat kesuksesan yang mereka dapat. Yasa Singgih (20 tahun – Founder & President, Men’s Republic) dan Ferry Unardi (28 tahun – Cofounder & CEO, Traveloka) adalah beberapa dari anak muda tersebut.

Sebagai pengganti transaksi jual beli offline, e-commerce menghadirkan suatu bentuk kemajuan teknologi informasi dan komunikasi nirkabel yang dapat diakses berbagai kalangan. E-commerce juga terbilang efektif menjembatani dunia usaha, perdagangan antar daerah, promosi wisata dan aneka kekayaan produk kreatif dan budaya.

 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kini manfaatnya dapat juga dinikmati di bidang sosial dan kesehatan.

health-technology-systems
cqmsjt.com

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi juga dimanfaatkan oleh beberapa anak muda yang tercatat di Majalah Forbes tahun 2015 dalam 30 Under 30 Asia. Beberapanya adalah Mesty Ariotedjo, (26 tahun – Cofounder, WeCare.id) di bidang healthcare and science dan Muhammad Alfatih Timur, (24 tahun – Cofounder & CEO, KitaBisa) di bidang social entrepreneurs.

WeCare.id adalah situs web yang dibangun untuk mengumpulkan dana untuk pasien-pasien di daerah terpencil yang membutuhkan akses pelayanan kesehatan yang optimal dan Jaminan Kesehatan Nasional. Sama seperti WeCare.id, KitaBisa juga merupakan platform crowdfunding yang dijalankan secara online, namun bedanya adalah KitaBisa lebih mengarah ke kampanye sosial.

Salah satu proyek sosial pertama KitaBisa adalah Save Master, sebuah gerakan untuk menyelamatkan Sekolah Masjid Terminal Depok, Jawa Barat. Proyek yang berlangsung sejak pertengahan tahun hingga akhir 2013 ini mampu mengumpulkan dana hingga ratusan juta rupiah.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, anak-anak muda ini membuat sesuatu yang terlihat tidak mudah menjadi lebih mudah untuk dilakukan dalam bidang kesehatan dan sosial.

 

Kemajuan 4G di Indonesia membuat aktivitas video menjadi trend, sebut saja vlog, instagram stories, dan snapchat.

cyberspaceandtime-com-maxresdefault
cyberspaceandtime.com

Kalau diperhatikan, aktivitas orang sehari-hari menjadi akrab dengan yang namanya video. Dalam dunia sosial media, kamu tidak mungkin tidak menemukan video dalam satu harinya. Bahkan konten di facebook, twitter, instagram, dan lain-lain sudah banyak berisikan video.

Saat ini juga dikenal trend baru yang disebut dengan Vlog atau video blog. Fungsinya sama seperti blog yang menceritakan apa yang dipikirkan atau dilakukan sehari-hari oleh pemiliknya melalui tulisan, yang membedakan adalah semua itu diungkapkan dan direkam dalam bentuk video. Selebriti Indonesia yang terkenal dan rajin membuat vlog yang terkenal salah satunya adalah Raditya Dika dengan RVLOG-nya.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga membuat penyebaran informasi dapat lintas negara dengan begitu cepat, misalnya video PPAP (Pen Pineapple Apple Pen) dari Jepang yang menjadi viral di Indonesia dan dunia. Jika dimanfaatkan dengan benar, Indonesia juga punya potensi yang sangat besar untuk menginformasikan sesuatu yang unik dan bermakna dari Indonesia ke dunia.

 

Meskipun terkadang putus-putus, penggunaan video tatap muka seperti video call atau facetime tetap menjadi pilihan

2982f74f88
http://www.computerworld.ch

Pengguna smartphone sudah pasti mengenal fitur video call ataupun facetime. Faktanya, dengan kondisi koneksi internet yang masih belum stabil walaupun sudah di era 4G membuat video call sering diwarnai dengan putus-putus atau freeze. Tapi hal ini tidak membuat pengguna untuk kapok menggunakan fasilitas ini untuk saling tatap muka melepas kangen ataupun keperluan lainnya.

 

Penggunaan video broadcasting dan video conference untuk menggantikan meeting offline menjadi online.

logitech-conferencecam-connect-970-80
http://www.techradar.com

Untuk mengadakan meeting di kota seperti Jakarta, tidak jarang perlu bermacet ria selama beberapa jam terlebih dulu sebelum berkumpul di satu meeting point. Kalau peserta meeting-nya dari beberapa negara yang berbeda, biaya yang dikeluarkan juga banyak. Maka dari itu meeting online sudah sering menjadi pilihan dari beberapa perusahaan untuk menghemat waktu dan biaya tanpa kehilangan kesempatan untuk berdiskusi bersama.

Sama seperti video call, terkadang masalah sinyal cukup mengganggu proses meeting online. Tapi saat ini penggunaan video broadcasting dan video conferencing semakin banyak dari tahun ke tahun.

 

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi juga memiliki sisi negatif apabila salah digunakan, seperti kasus videotron yang baru-baru ini terjadi.

151321495144c7c-544e-42a7-b631-9d2aa090dfaa2780x390
tekno.kompas.com

Baru-baru ini di akhir bulan September 2016, warga dihebohkan dengan munculnya tayangan dewasa pada videotron yang terletak di Jakarta Selatan. Setelah diusut, penyebabnya adalah ulah hacker yang mengirimkan virus ke videotron tersebut.

Di balik kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pasti ada saja orang yang menyalahgunakan. Ada baiknya kemajuan tersebut disertai dengan semakin bertumbuhnya pola pikir yang lebih bertanggung jawab dan cerdas, sehingga kota yang sudah maju dapat membantu daerah untuk merasakan manfaat dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi, sosial, pendidikan, dan kesehatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s