Health & Lifestyle

#BatikIndonesia Antara Tradisi dan Inovasi, Inilah 7 Hal yang Dilakukan Indonesia untuk Menjadikan Batik Sebagai Identitas Bangsa

“Tradition does not mean to look after the ash, but to keep the flame alive.” – Jean Jaures

Semenjak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009 silam, kini tidaklah sulit untuk menemukan batik di sekitar. Keindahan batik ini tidak lain karena peranan filosofi dan teknik khusus dalam pembuatannya yang menghasilkan corak unik dan beraneka ragam.

Berdasarkan teknik pembuatannya, batik dikategorikan menjadi batik tulis, batik cap, dan batik printing. Walaupun banyak yang tidak setuju bahwa batik printing masuk sebagai kategori batik karena proses pembuatannya sama dengan kain tekstil lainnya, namun animo masyarakat tetap besar untuk menyukai dan membeli batik printing.

Di luar daripada itu, corak batik memang sangat indah dan unik, makanya tidak heran kalau muncul banyak inovasi dari motif-motif batik tulis. Sebagai rakyat Indonesia, sudah seharusnya kita ikut serta dalam mengenalkan batik ke luar negeri seperti layaknya kita mengenal kain sari dari India, atau kimono dari Jepang.

Berikut ini adalah beberapa usaha Indonesia untuk mengenalkan batik sebagai identitas bangsa yang bisa kamu ikuti. Selamat menyimak!

 

Menjadikan tradisi membatik sebagai objek wisata yang menarik bagi para turis

p17touches-img_assist_custom-512x300
Turis belajar membatik (Sumber foto: www.thejakartapost.com)

Sebagai salah satu bentuk edukasi dan pelestarian tradisi, Indonesia memiliki beberapa tempat untuk belajar membatik. Kamu bisa berkunjung ke Museum Tekstil di Jakarta untuk melihat 2.350 koleksi batik dari Sabang sampai Merauke, sekaligus belajar cara membatik, dan tentunya belanja.

Selain di Jakarta, kamu juga bisa mengunjungi Kampung Taman di Yogyakarta, Museum Batik Kuno Danar Hadi di Solo, Kampung Batik Laweyan di Solo, dan Museum Batik di Pekalongan. Kamu dapat belajar membatik dalam waktu singkat dengan harga yang terjangkau dan hasilnya juga bisa dibawa pulang ke rumah.

Batik sangat boleh untuk dikenakan sehari-hari selain untuk acara formal.

soloraya-com-batik-casual-dan-simpel-cocok-bagi-kalangan-muda-foto-2
Pakaian batik juga dapat dikenakan sehari-hari (Sumber foto: http://www.soloraya.com)
Dulu, batik tradisional dikenakan oleh keluarga kerajaan. Sehingga seiring dengan perkembangan zaman, image batik masih identik dengan acara formal, seperti rapat, pesta pernikahan dan lain sebagainya. Bahkan beberapa perusahaan menetapkan hari Jumat sebagai hari untuk mengenakan batik.
Walaupun batik memiliki image demikian, banyak anak muda yang tidak terpengaruh untuk tetap pede memakai pakaian bercorak batik untuk sehari-hari. Banyak dari mereka menggunakannya untuk pergi ke sekolah, kampus, dan jalan-jalan santai. Apakah kamu salah satunya?

 

Urban batik. Ketika batik berinovasi pada pakaian non formal sehingga anak muda kekinian juga bisa tampil kece.

maxresdefault
Inovasi corak batik pada kaos tanpa lengan (sumber foto: http://www.youtube.com)

Tradisi batik mungkin sudah tidak hanya menjadi tradisi membatik atau tradisi kain batik tulis dan cap saja. Semakin berkembangnya tren kehidupan, inovasi batik juga sudah seperti menjadi tren. Kamu bisa melihatnya dari banyaknya corak-corak indah batik yang dikombinasikan, tidak full bercorak, dan juga ada di pakaian berbahan kaos. Desain baju pun kian beragam, seperti baby doll, balon, kerut, dan lain-lain.

Salah satu brand urban street wear dari Indonesia, DAMN! I Love Indonesia, terbilang cukup sukses dalam memadukan kreasi corak batik dengan pakaian casual anak muda. Hasilnya tetap indah dan membuat anak muda ingin mengenakannya. Jadi, selama batik memancing kreatifitas anak muda secara positif dan dapat membantu menegaskan budaya batik dari Indonesia, sah-sah saja kalau kamu juga mendukung.

Batik goes international. Mengadakan fashion show dan workshop batik di luar negeri.

indonesianpageants-com-aji10
Fashion show IFBF 2014 di Switzerland (Sumber foto: http://www.indonesianpageants.com)

Beberapa acara untuk memperkenalkan batik Indonesia kepada dunia sudah pernah diselenggarakan, yaitu Indonesian Fashion & Batik Festival (IFBF),  Batik Fashion Show dan Workshop di Kobe, dan lain-lain. IFBF sendiri merupakan sebuah event fashion yang menampilkan karya para desainer muda berbakat Indonesia, baik yang tinggal di dalam atau di luar negeri. Acara ini diselenggarakan di Zurich, Switzerland.

Pada tanggal 11 April 2016, Konsulat Jenderal RI di Osaka bekerja sama dengan Ikebana International Chapter Kobe telah melaksanakan Batik Fashion Show dan Workshop di Kobe, Jepang. Acara ini juga dihadiri oleh konsul jenderal dari Amerika, Mongolia, dan Thailand. Acara ini menampilkan beberapa koleksi pakaian batik Indonesia yang dapat dikenakan dalam berbagai musim di Jepang lalu diikuti dengan workshop membatik.

Kini motif batik sudah ada di berbagai aksesoris yang bisa dibeli secara offline dan online

www-vemale-com-bodi5qlapa
http://www.vemale.com

Sekali lagi, keindahan corak batik memang sulit untuk ditandingi. Selain pakaian, sekarang corak batik sudah bisa ditemukan di berbagai aksesoris seperti tas, gelang, sepatu, bando, dompet, casing hp, gelas, dan masih banyak lagi. Aksesoris ini juga sudah dibeli secara online. Hal ini berarti batik akan lebih cepat dan mudah untuk dikenal di luar negeri.

Corak batik juga sering digunakan untuk keperluan komersial

www-seputarevent-com-aa30cb_f3ac4dff6fe54393b77918942bafa827
Salah satu merek minuman yang menggunakan tema batik untuk edisi terbatasnya (Sumber foto: http://www.seputarevent.com)

Beberapa merek makanan-minuman dan barang kerap kali menggunakan corak batik untuk menjadi bagian dari desain kemasannya. Bahkan salah satu maskapai penerbangan yang tidak ragu menggunakan corak batik pada badan pesawat. Meskipun memiliki tujuan komersial, namun desainnya yang kreatif, cantik dan terkesan elegan membuat banyak orang mengapresiasi.

Batik juga menjadi tren untuk menjadi tema-tema di acara spesial

www-wowkeren-com-00094987
http://www.wowkeren.com

Dulu banyak yang bangga kalau menggunakan tema dari luar negeri dalam merayakan momen spesialnya. Kini batik pun sudah mendapatkan tempat yang spesial bagi masyarakat untuk menjadi dress code di hari spesial seperti, hari ulang tahun, pernikahan, kemerdekaan,dan lain-lain.

Pasangan selebriti Anang-Ashanty memakai tema batik dalam merayakan ulang tahun anaknya. Tidak terlihat adanya kesan tradisional dan terlalu formal. Batik sepertinya memang mampu berbaur dengan aktivitas manusia. Dengan demikian kamu tidak perlu ragu untuk menjadikan batik sebagai bagian dari momen-momen bahagiamu.

-o-

Terbukti kalau batik sudah menjadi kesenian bangsa Indonesia yang disukai banyak turis asing. Hal ini terlihat dari tingginya minat dalam membeli berbagai produk batik dan mempelajari cara membatik. Mereka juga sering menjadikan batik sebagai oleh-oleh saat pulang ke negara masing-masing.
Pakaian batik Indonesia memang memiliki kelebihan dibanding dengan pakaian tradisional negara lain, yakni bisa digunakan sehari-hari secara nyaman dan di berbagai kegiatan. Para selebriti luar yang terkenal seperti Jessica Alba, Reese Witherspoon dan juga Julia Roberts pernah terlihat memakai pakaian batik dalam keseharian mereka.
jessica-alba-beautiful-batik
Jessica Alba memakai pakaian bercorak batik (Sumber foto: rastrabara.xyz)

Inovasi memang tidak terelakkan seiring berjalannya waktu, namun bukan berarti tradisi asli menjadi tertinggal. Selama saling menguntungkan, biarkan tradisi dan inovasi berjalan berdampingan untuk membuat Indonesia semakin dikenal dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s