Relationship

Kritikan ‘Termanis’ Itu Datangnya dari Seseorang yang Benar-benar Mencintai Kamu

Kamis, 02 Februari 2017
Di hari itu, aku merapikan barang dan menemukan secarik pesan dari kekasih hati sebagai hadiah ulang tahun ke-21. Sebuah pesan yang sudah berumur hampir lima tahun. Aku membaca pesan itu kembali, lalu aku merenung sejenak. Tanpa disadari ternyata doa dan harapan singkat yang dituliskannya dulu perlahan-lahan mulai menjadi kenyataan.

“Mungkin inilah jawaban Tuhan atas doaku setiap malam agar aku bisa menemukan seseorang yang bisa membuatku bahagia.”

Sejak awal bertemu, aku tahu aku bukanlah perempuan yang bisa diandalkan. Aku punya banyak kekurangan, antara lain egois, sensitif, tidak percaya diri, dan mudah sekali untuk galau. Tetapi mungkin inilah jawaban Tuhan atas doaku setiap malam agar aku bisa menemukan seseorang yang bisa membuatku bahagia. Dipertemukan oleh takdir, aku dan dia menjadi sepasang kekasih.

“Melalui pesan itu, aku belajar darinya.”

Beberapa hari setelah jadian, kami menjalani LDR yang cukup lama. Waktu demi waktu berlalu, tetapi dia begitu sabar menghadapi semua kekuranganku hingga kami bertemu kembali. Bukan sesuatu hal yang mudah melewati masa-masa itu.

Tetapi kini melalui pesan itu, aku belajar darinya. Ketulusan dan kepolosannya dalam menulis pesan itu membuatku tahu bahwa begitu besar perhatiannya padaku untuk menjadi orang yang semakin layak untuk dicinta. Dia membuatku sadar begitu bernilainya ‘kritikan manis’ yang selalu dia selipkan dalam doanya setiap ulang tahunku dan  anniversary kami.

Orang yang mencintai kamu tidak akan sembarang mengkritik kekurangan kamu

mv5byjfmotuxn2qtmjg5yy00zgnhlthhztqtm2vkzdq4ytzhyti2l2ltywdlxkeyxkfqcgdeqxvymzi3njy2odc-_v1_sy1000_sx1000_al_
http://www.imdb.com/

Kekuranganku memang banyak, tetapi dia memilih untuk mengkritik hal yang paling sering menyakiti diriku sendiri, yaitu galau. Ketika galau menyapa, aku tidak ingin melakukan sesuatu di hari itu, ingin mendekam di kost-an saja. Hal ini tentunya cukup mengganggu prestasi akademik di masa kuliah.

Dia memintaku untuk tidak galau, tetapi ketika itu aku tidak mengerti bagaimana cara untuk tidak galau, alhasil aku malah tetap mengulanginya lagi dan lagi. Bahkan aku pernah kesal karena dia terlalu sering mengingatkan. Tetapi melalui cara lain dan dengan penuh kesabaran, dia berpesan, “Jangan galau.” di setiap bulan anniversary kami dan di hari ulang tahunku.

Sebab, orang yang mencintai kamu tidak suka beradu pendapat dengan kamu

mv5bzwq0n2vlzwqtmtc2ni00yjgzlthimgitn2q1mznmody4ywm1l2ltywdll2ltywdlxkeyxkfqcgdeqxvymzi3njy2odc-_v1_
http://www.imdb.com/

Ketika kritikan frontal tidak berhasil dan dia membaca adanya gerakan defensive, dia akan mundur sejenak hingga situasi lebih kondusif karena dia tahu bahwa perdebatan hanya akan menyakiti hati kami berdua.

Orang yang mencintai kamu akan berusaha mengkritik kamu dengan cara yang paling bisa kamu terima

mv5byjy0ztq1zdutzjg1nc00mzlhltk3ywutymvlmwjkymi0ndnhl2ltywdll2ltywdlxkeyxkfqcgdeqxvymzi3njy2odc-_v1_
http://www.imdb.com/

Dia yakin dengan alasan mengapa dia mengkritikmu, sehingga dia akan mencoba berbagai cara yang paling bisa aku terima demi kebaikanku dan tentu saja hubungan kami ke depannya.

Orang yang mencintai kamu akan memberikan sesuatu dari hatinya walaupun melalui hal yang sederhana sekalipun untuk menyentuh hatimu.

Orang yang mencintai kamu berharap dengan kritikan tersebut kamu bisa bertumbuh menjadi orang yang lebih mandiri dan dewasa

mv5bmjm0zdu5mwutywy4ny00mwflltg0nditytc4zjdizdhhmzyyxkeyxkfqcgdeqxvyndqzmdg4nzk-_v1_
http://www.imdb.com/

Tidak bosan-bosannya dia menyampaikan pesan yang sebenarnya adalah bentuk penyampaian kritikannya. Dalam doanya dia terus berujar dengan harapan aku lebih mandiri dan dewasa. Walau ketika itu aku tidak bisa melihat maksud itu secara jelas.

Orang yang mencintai kamu akan bersabar menunggu hari itu tiba

mv5botu3otm0ymitmzjjny00owmwlwexnjutzmflytljnja3nzk4l2ltywdlxkeyxkfqcgdeqxvymzi3njy2odc-_v1_sy1000_sx1000_al_
http://www.imdb.com/

Kini aku menyadari setelah bertahun-tahun, banyak perubahan yang kami alami. Kami bertumbuh bersama dan saling melengkapi kekurangan. Dia tahu ke depannya perempuan harus lebih mandiri dan dia tidak pernah mempermasalahkan kalau aku lebih aktif di komunitas dan pekerjaan. Dia suka melihat aku yang lebih percaya diri dan berdaya tanpa mengubah aku yang sebenarnya. Dia hanya membantu menemukan potensi dalam diriku yang selama ini aku tutupi sendiri.

Perjalanan kami memang masih panjang dan terlalu dini untuk mengambil kesimpulan, tetapi aku yakin, di manapun dan kapanpun, orang yang benar mencintai kamu akan melakukan yang terbaik untuk kelangsungan hubungan kamu walau harus mengkritik kamu sekalipun. Selama kritikan itu membangun, janganlah diambil hati, tetapi refleksikan diri dengan pikiran yang terbuka.

Tulisan ini aku persembahkan kepadanya sebagai hadiah ulang tahunnya di 2 Februari 2017.

img20170209190702-copy
Buku anti-galau hadiah ulang tahun ke-25 & ‘surat cinta’ di ulang tahun ke-21 (sumber foto: doc. pribadi)

Pesan: Untuk si kekasih hati, kalau sudah baca jangan geer ya. Tetapi jujur, kamu itu sosok yang selalu menginspirasi dan menguatkanku di segala kondisi. Terima kasih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s